Friday, November 13, 2020

PANDEMI DAN EKSISTENSI OSIM MTs NEGERI 10 BANYUWANGI

Sejak diberlakukannya lock down sampai PSBB, New Normal yang dimulai dari bulan Maret 2020 sampai sekarang bulan Nopember 2020 praktis kegiatan pendidikan dalam hal ini kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan cara virtual atau dalam jaringan dunia maya, termasuk di MTs Negeri 10 Banyuwangi lembaga pendidikan yang berada di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi. 

Selain kegiatan Belajar mengajar seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lain ditiadakan karena aturan dan anggaran yang terpangkas untuk kegiatan lain karena pandemi.

Namun, lain halnya dengan Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTs Negeri 10 Banyuwangi, di masa pandemi ini bukan merupakan hal yang menghambat laju kegiatannya disamping melakukan beberapa kegiatan berupa mengumpulkan dana dan mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi bersama dengan dewan Guru, Pegawai dan karyawan yang dipimpin oleh Kepala Madrasah (Bapak Sugeng Maryono, S.Pd., MM.), OSIM juga turut andil mensukseskan pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual yang dihadiri oleh KASUBAG. TU Kementerian Agama Kabupaten Banyuwang (Ibu Hj. Dra. Suciningsih, M.Pd.I). 

Dan yang tidak kalah menariknya OSIM telah sukses melaksanakan PEMILU OSIM MTsN 10 BANYUWANGI secara virtual untuk memilih CALON KETUA OSIM Periode masa ibadah 2020/2021, yang diikuti oleh 85% dari jumlah seluruh Masyarakat MTs Negeri 10 Banyuwangi yang terdiri dari, Kepala Madrasah, Kepala TU, Para Wakil Kepala Madrasah, Seluruh Dewan Guru, Seluruh Pegawai dan Karyawan, Seluruh Siswa baik kelas 7, kelas 8, dan kelas 9. 15 % tidak mengikuti dengan alasan jaringan yang tidak bagus, HP rusak, sakit, izin, dan lupa.

Proses PEMILU yang diawali dari Pendaftaran Balon, test Balon, pengumuman Balon, Kampanye (Penyampaian Visi dan Misi), Pelaksanan Pemilu, Penhitungan suara, Pengumuman hasil pemenang. Semua dilaksanakan secara virtual daring dengan memanfaatkan fasilitas aplikasi zoom meeting, google formulir, Whats app, tanpa ada kesulitan yang berarti baik bagi Pembina OSIM, Guru dan Pnegurus OSIM Masa Ibadah 2019/2020.

Sekarang yang masih dalam proses yakni penyusunan Calon-calon Pengurus OSIM Masa Ibadah 2020/2021 yang melibatkan selurus Pengurus dan Pembina kegiatan ekstrakurikuler, Seluruh Pengurus Kelas baik kelas 7 dan kelas 8 bersama dengan wali kelasnya. Selanjutnya persiapan Pelaksanaan LDK OSIM yang juga direncanakan akan dilaksanakan dengan cara virtual daring.



Oleh : Rachmad Husaini, S.Pd., M.Pd.
(Pembina OSIM)

No comments:

Post a Comment