Monday, July 24, 2023

MTsN 10 Banyuwangi Terima Tamu Penggalang 2023

 

MTsN 10 Banyuwangi adakan perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) dalam rangka terima tamu penggalang, Sabtu-Minggu (22-23/07). Dengan tema "Tangguh Bersama Pramuka"  perkemahan diikuti oleh siswa kelas 7 dan dewan penggalang.

Acara digelar sebagai penerimaan tamu penggalang siswa kelas 7. Perkemahan berlangsung sangat meriah karena antusias siswa kelas 7 dan dewan penggalang. sebanyak 204 siswa serta 27 dewan galang mengikuti acara ini. 

Kegiatan persami dibuka oleh Yuni Kurniawati selaku pembina OSIM MTsN 10 Banyuwangi.  Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk melatih kepemimpinan, mental dan kebersamaan siswa. Setelah itu materi dari kakak pembina, dinamika kelompok yang dibawakan oleh Kak Erna dan Kak Jani dengan diselingi dengan game. Materi yang kedua kepramukaan penggalang yang dibawakan oleh Kak Fuad dan Kak Nurul dengan bernyanyi bersama agar siswa tidak merasa bosan kemudian dilanjutkan materi baris berbaris.

Materi keempat adalah materi teknik kepramukaan dengan membuat pionering dan tali temali dengan senjata mereka tongkat dan tali yang dibawakan oleh Kak Qimqim dan Kak Rizki. Yang tak kalah seru mereka juga bermain game fokus kata oleh Kak Irham dilanjutkan permainan bledos balon.

Malam hari seluruh peserta PERSAMI mengikuti upacara api unggun yang merupakan ciri khas perkemahan. Disela upacara api unggun diadakan pula renungan yang membuat seluruh peserta sedih.  Acara kemudian dilanjutkan dengan jurit malam yang membuat siswa tegang, karena rute yang dilewatinya bukan rute biasa yakni berupa rute yang biasa dianggap siswa menyeramkan. Kegiatan ini bermaksud untuk melatih keberanian serta kepedulian kepada teman atau anggota satu regu.

Minggu pagi seluruh peserta melaksanakan senam pagi yang dipimpin oleh Kak Neni. Selanjunya seluruh peserta mengikuti penutupan PERSAMI oleh Ummu Nuraini selaku Waka Kurikulum, serta acara terakhir adalah membasuh kaki dan sungkem kepada orang tua. Banyak orang tua dan siswa yang merasa sedih dan terharu karena acara tersebut, banyak kenangan yang terukir dalam acara PERSAMI ini, semua berharap seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi pribadi yang lebih baik. (gta)






 

No comments:

Post a Comment