Friday, July 21, 2023

Kader dan Duta Moderasi Beragama MTsN 10 Banyuwangi, Berkolaborasi Isi MATSAMA

 

Hari kedua Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTs Negeri 10 Banyuwangi berjalan seru dan menyenangkan, Selasa (18/7). Apalagi saat materi moderasi beragama berlangsung, tampak seluruh peserta sangat antusias. Materi langsung disampaikan oleh kader dan duta moderasi beragama MTsN 10 Banyuwangi. Berbagai macam game dimainkan dalam menyampaikan materi ini.

Kader moderasi beragama yang merupakan anggota DWP UP MTsN 10 Banyuwangi, berkolaborasi dengan Duta moderasi beragama MTsN 10 Banyuwangi. Materi yang mereka sampaikan dikemas dengan serangkaian game, salah satunya ular tangga yang dimainkan oleh peserta MATSAMA.

Peserta MATSAMA tampak bersemangat memainkan game ular tangga. Tak hanya sekedar bermain, namun mereka juga mendapatkan ilmu penting tentang moderasi beragama. Menurut Hanik Setyowati Sugeng Maryono, agen modersi beragama MTsN 10 Banyuwangi, materi moderasi beragama perlu disampaikan kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk menciptakan rasa saling pengertian antar siswa agar bisa bersikap toleran dengan baik kepada pemeluk agama lain.
 
“Materi moderasi beragama ini sangat penting, apalagi kita tinggal di Indonesia, bermacam-macam suku dan agama. Karena itu siswa perlu bersikap toleran dengan baik kepada pemeluk agama  lain,” ujarnya.
 
Tak hanya itu, Bu Hanik demikian sapaan akrabnya juga menyampaikan empat indikator moderasi beragama yang harus dimiliki oleh siswa. Keempat indikator tersebut adalah komitmen kebangsaan, toleransi, antikekerasan, dan penghargaan terhadap budaya lokal. (gta/ayu/cin)









 

No comments:

Post a Comment