Saturday, November 17, 2018

Sosialisasi SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi)

 
Gerakan Saya Perempuan Antikorupsi atau dikenal dengan SPAK adalah sebuah gerakan yang menempatkan perempuan sebagai pemegang peran penting dalam pencegahan korupsi. Mengapa perempuan? Karena perempuan/Ibu adalah tokoh sentral dalam keluarga yang menanamkan nilai moral pada anak-anaknya. Selain itu, perempuan secara kodrati memiliki kemampuan melahirkan, mengembangkan dan memelihara. Perempuan juga mempunyai kebutuhan berbagi yang diwujudkan dalam berbagai kesempatan berkumpul. Semua karakter khas itu lah yang membuat perempuan merupakan kekuatan yang besar dalam melakukan pencegahan korupsi.

Hampir setiap orangtua pernah mengalami anaknya menyontek di sekolah atau menyerobot antrian. Tapi tidak semua orangtua mengaitkan perilaku itu dengan nilai kejujuran. Banyak orangtua tidak bisa menjelaskan bahwa menyontek atau menyerobot antrian adalah mengambil hak orang lain untuk keuntungan diri sendiri.

Sabtu, 17 Nopember 2018 Dharma wanita unsur pelaksana MTs Negeri 10 Banyuwangi melakukan Sosialisasi SPAK kepada anggota dan beberapa siswi kelas IX untuk melakukan simulasi anti korupsi dengan metode Majo Junior. Bu Eny Slamet Rokhman Selaku pimpinan Dharma Wanita dan pemateri kegiatan tersebut mengatakan pencegahan korupsi harus di lakukan dari lini yang paling dasar mulai dari sekolah sampai para perempuan selaku istri juga harus selalu mengutamakan kejujuran.

Kegiatan positif ini harus diberi apresiasi. Dengan kegiatan ini kami mendapat pengetahuan baru mengenai tentang apa saja perilaku  korupsi, kolusi, gratifikasi dan pencucian uang yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga saya bisa menjauhi dan menghindari perilaku-perilaku tersebut. Dengan Simulasi ini dapat menginspirasi atau mendorong seseorang atau siswa melakukan sikap kejujuran. Diharapkan generasi penerus bangsa dapat melakukan sikap jujur dan mementingkan kepentingan bersama daripada pribadi dan kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara continue.



Semoga dengan Gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi  (SPAK) civitas ibu-ibu Dharma Wanita dan Para Siswi di lingkungan MTs Negeri 10 Banyuwangi, mampu mengambil hikmahnya serta menerapkan apa yang telah disampaikan pada sosialisasi dalam kehidupan nyata di lingkungan keluarga mereka masing-masing. Sehingga pencegahan tindakan korupsi dapat terwujud.


Menyuarakan Yel² SPAK

No comments:

Post a Comment